10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Saya YAKIN Anda bukan orang yang baru di dunia online marketing. Setidaknya ketika anda menemukan artikel ini anda sudah tahu bahwa blog bisa menjadi alat untuk menghasilkan uang di internet.

Sebenarnya blog juga bukanlah satu-satunya media yang bisa menghasilkan uang dari internet. Ada banyak media lain seperti facebook dan instagram yang bisa kita manfaatkan untuk meraup rupiah dari internet. Tapi saya berpendapat bahwa blog merupakan alat yang paling sustain untuk menghasilkan income dalam jangka waktu yang panjang. Asalkan kita mengelolanya dengan cara yang benar.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog lokal, sebagian dari Anda juga pasti udah pada tau. Di postingan ini saya akan menjabarkan 10 cara bagaimana anda bisa mendapatkan uang 7 juta per bulan dari blog bahasa Indonesia. Mari kita bahas satu per satu:

1. Google Adsense

Ini paling populer dikalangan blogger. Seolah tolak ukur kesuksesan seorang blogger itu adalah adsense. Kalo ada blogger yang bisa gajian tiap bulan dari adsense itu udah di cap sukses.

Tapi sayangnya hanya sedikit orang yang bisa merasakan gajian dari Adsense. Termasuk Gue. Jujur selama gue ngeblog, dari tahun 2010 hingga sekarang belum pernah sama sekali dapet kiriman WO dari google. Jirr…

Syarat utama agar bisa sukses di adsense adalah visitor blog yang ramai. Menurut Mas Dwi – pada postingan Konsep blog set and forget, untuk bisa gajian setiap bulan dari Adsense, blog anda harus punya visitor lokal setidaknya 8.000 visitor per hari.

Pay per click sebagai alternatif adsense antara lain :

– www.chitika.com
– www.media.net
– www.infolinks.com

2. Paid Review

Ini dulu ngehits banget paid review bule. Jadi kita beli domain pagerank 2-3 trus develop sebentar, trus daftarin ke Sponsoredreviews atau Blogvertise, dan ga lama kita bisa langsung ambil job-job yang disediakan SR dan BV.

Salary nya lumayan, tiap job upahnya rata-rata $5 hingga $20, tergantung kualitas blog kita. Tapi sekarang setelah pagerank ditiadakan oleh google, paid review jadi minim peminat, baik advertiser maupun publisher.

Syarat untuk sukses di bisnis paid review adalah investasi domain pagerank. Semakin banyak domain pagerank yang dimiliki semakin banyak pula kesempatan mendapatkan job paid review. Intinya sih modalnya harus gede.

Broker-broker paid review yang terpercaya diantaranya :

– www.sponsoredreviews.com
– www.blogsvertise.com

3. Cost per Million (CPM)

Ini butuh kerja keras banget, kalo tadi adsense untuk bisa gajian tiap bulan (minimal $100) butuh setidaknya 8000 visitor per hari, maka untuk bisa mendapatkan nominal yang sama dari CPM dibutuhkan setidaknya 20ribu hingga 30 ribu visitor per hari.

Cara kerja CPM itu kalau iklan tampil di blog kita sebanyak 1000 kali, maka kita akan mendapatkan bayaran. Bayaran yang didapatkan berbeda-beda tiap perusahaan. Kisarannya 0.01 dolar hingga 0.5 dollar per 1000 impressi.

Agar sukses di CPM, kita harus punya blog yang visitornya besar. Biasanya blog-blog tema download, wallpaper, dan berita punya visitor raksasa. Butuh waktu lama untuk memiliki blog dengan visitor seperti itu.

Daftar CPM yang terbukti membayar diantaranya :

– Poptm.com
– Popads.net
– Popcash.net

4. Adf Ly

Ini hampir sama kayak CPM, cuma bedanya ini layanan masking URL berbayar, ituloh yang sembunyiin URL asli berubah jadi url Adfly dulu, setelah ada hitungan 5 4 3 2 1, terus kita SKIP ADS, baru deh halaman aslinya muncul.

Setiap kali adfly kita diakses maka kita akan dapat bayaran, nominalnya kecil sekitar 0, 00038 per visitor lokal.

Untuk sukses Adfly sama seperti CPM, butuh traffic blog yang besar. Tapi tenang, khusus Adfly saya sudah buatkan ulasannya khusus, mulai dari cara daftar, hingga bagaimana agar punya penghasilan minimal $2 per hari dari Adfly.

Disini  ➡  Tips Adfly.

5. Iklan Mandiri

Biasanya blog yang bertema khusus seperti otomotif, kecantikan dan traveling yang sering mendapat tawaran iklan mandiri dari perusahaan-perusahaan besar. Blog pribadi juga tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan tawaran iklan, yang penting si mpunya blognya famous.

Biasanya syarat untuk mendapatkan iklan mandiri adalah jumlah traffic, angka alexa dan tingkat interaksi di komentar. Pengiklan selalu menginginkan blog yang mempunyai trafik yang besar, alexa yang ramping dan interaksi yang ramai di komentar.

Blog baru sangat sulit untuk mendapatkan pengiklan. Blog lama yang sudah banyak konten dan publikasi biasanya lebih besar kesempatannya mendapatkan pengiklan. Koneksi juga penting disini. Perbanyak teman, baik sesama blogger ataupun dengan pemilik produk.

* * *

Lima cara diatas merupakan cara menghasilkan uang dari blog dengan metode mengalirkan traffic sebanyak mungkin ke blog tersebut. Khusus untuk paid review sebenarnya tidak butuh banyak traffic, hanya saja modalnya harus kuat  😎 .

Semuanya kalo diseriusin bisa untuk menghasilkan 7 juta rupiah per bulan dari blog.

Kalo punya blog yang isinya berita, cocok tuh klo dimonetizing pake adsense. Blog pribadi juga cocok klo dipasangin adsense, asalkan pengunjungnya rame. Hehe… makanya blog pribadi itu isinya jangan cuma curhatin mantan aja. Hehe … Tapi isi juga sama pengalaman-pengalaman sehari-hari, atau seputar sekolah, kuliah dan kerjaan.

Punya blog download film, atau review software ? Itu bisa pake gabungan antara adfly, CPM dan juga google adsense, (biar cepet dah naik haji nya).

Atau punya blog yang khusus untuk menarik minat pengiklan mandiri, maka jangan dipasangin CPM kayak Poptm atau Popcash, paling sadis pasangin adsense itu udah maksimal banget.

Klo punya duit yang lumayan akeh (banyak), maka silahkan investasi beli domain-domain premium yang PA dan DA nya tinggi, umurnya udah tua, isi sama konten yang berkualitas, udah gitu langsung deh daftar di SR atau BV, semoga banyak dapet job nya.

* * *

Nah, kalo tadi udah dibahas 5 (lima) cara menghasilkan uang dari blog dengan banyak traffic. Nah ada lagi cara mendapatkan uang dari blog tapi trafficnya sedikit. Sebenernya ga sedikit2 amat sih, cuma memang jauh lebih sedikit dibanding lima cara tadi.

Walaupun trafiknya sedikit tapi tetep punya kesempatan yang sama untuk punya penghasilan 7 juta sebulan dari blog. Mari kita dedahkan satu per satu :

6. Jualan Jasa

Jualan jasa di internet engga melulu jasa pembuatan website, penulisan artikel, jasa SEO atau jasa bikin logo. Coba sebutkan selain jasa-jasa barusan, kalo dalam 5 detik ga bisa menemukan minimal tiga jasa lainnya, berarti anda besok harus lari pagi, biar otak jadi lebih kreatif.

Misalnya nih, anda hobi fotografi, maka anda bisa membuat jasa foto penganten di blog anda. Potensinya besar banget. Di Indonesia sendiri saat ini setiap tahunnya ada sekitar 800.000 an pasangan yang menikah.

Untuk menghasilkan 7 juta per bulan dari blog, anda tidak perlu menjangkau seluruh Indonesia, cukup daerah dimana tempat tinggal anda saja. Misalnya Jasa foto pernikahan di Klaten. Nah, anda tinggal posting di blog anda hasil karya jepretan2 anda di acara pernikahan, buat review gedung-gedung pernikahan yang bagus di Klaten, dan hasil jepretan anda lainnya.

Setelah blog anda ramai, dijamin anda akan kewalahan menerima orderan foto pernikahan.

Untuk kasus diatas, jasa foto pernikahan klaten, anda tidak perlu trafik blog yang puluhan ribu, cukup 10 visitor per hari pun, anda akan kebanjiran job setiap minggu nya.

Jasa lainnya yang bisa anda jual bisa disesuaikan dengan bidang keilmuan anda. Contoh lainnya, anda cukup kompeten dalam hal membuat feasibility study (studi kelayakan) di bidang lingkungan, maka anda bisa membuat Jasa Pembuatan Dokumen AMDAL dan UKL-UPL.

Mungkin istilah diatas terdengar baru untuk anda, tapi anda harus percaya sama saya, bahwa peminat jasa AMDAL itu cukup banyak. Soalnya saya sendiri pernah bekerja di konsultan lingkungan yang membuat kajian-kajian lingkungan seperti AMDAL dan UKL-UPL.

Silahkan anda eksplore diri anda sendiri, kira-kira keahlian apa yang bisa anda jual di blog anda. Tenang saja, untuk bisa menghasilkan 7 juta per bulan dari blog dengan berjualan jasa, anda tidak butuh ribuan atau puluhan ribu trafik, cukup hanya puluhan trafik per hari saja, dijamin anda akan kebanjiran order. Syaratnya konten di blog anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa pemiliknya memang ahli di bidang tersebut.

7. Jualan Ebook

Ada persamaan antara jualan buku di gramedia dengan jualan ebook di internet. Yaitu sama-sama menjual informasi. Kalo anda beli buku di gramed tentu yg jadi bahan pertimbangan adalah informasi / insight / ide apa yg bisa anda dapatkan dari buku tersebut. Begitupun kalo anda beli ebook. Anda rela keluarin uang tp Anda sama sekali ga pegang fisik bukunya. Jawabannya karena anda butuh informasi yang ada di dalam ebook tersebut.

Intinya sih mau jualan ebook atau jualan buku, yang dijual sama-sama informasi yg ada didalamnya. Tapi penghasilan dari jualan ebook dengan jual buku di gramed itu beda banget. Bayangin aja royalti klo jual buku di gramed buat penulis hanya 10% – 20%, sedangkan kalau jualan ebook royaltinya hampir 100%.

Dibandingkan jualan buku di gramed, jualan ebook di internet itu jauuhh lebih enak. Karena ga perlu biaya produksi seperti tinta, kertas, biaya cetak dan penerbit. Jualan ebook itu tinggal kirim lewat email, atau buat halaman download area, maka semua yang order ebook anda bisa langsung download ebooknya. Berapapun yang beli, tetap anda tidak akan keluarkan uang produksi, kecuali biaya hosting dan domain di awal.

Ada Kang Herman Yudiono yang bisa meraup 9,2 juta rupiah dalam 8 hari untuk penjualan ebook Make Money Blogging. Selain itu ada juga Tipshamil dot com yang sudah menjual entah berapa ribu copy ebook sejak pertama kali diluncurkan.

Ngomong-ngomong soal ebook, saya termasuk orang yang lumayan rajin beli ebook. Ada satu blog lokal yang akhirnya benar-benar mencuri perhatian saya. Blog tersebut adalah WritePreneur dot com – Blog milik Pak Rusdianto yang membahas bisnis online khusus untuk toko online.  Awal mula masuk ke blog ini karena waktu itu saya sedang mencari tips seputar toko online di google, dan akhirnya mampirlah saya ke blog ini.

Ketika pertama kali berkunjung di writerpreneur saya memang langsung suka dengan artikel-artikel seputar toko online yg dibahas disana. Saya juga langsung tau kalau Pak Rusdianto di blognya itu jualan ebook seputar optimasi toko online. Tapi waktu itu tidak terbesit sedikitpun keinginan untuk membeli ebook tersebut. Apalagi lihat salesletternya yang minimalis banget, hampir ga ada graphic2 istimewa di halaman penjualan ebook tsb.

Ga tau kenapa saya selalu mampir ke blog Writepreneur ketika saya mencari-cari info di google seputar toko online. Dan anehnya saya juga ga bosan-bosan membaca artikel disana, bahkan saya selalu mendapat insight baru setiap kali baca artikel disana, walaupun artikel yang sama sudah dibaca berulang-ulang. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri rasa penasaran saya dengan membeli ebook panduan laris toko online di blog tersebut, karena saya pikir artikel di blognya saja maknyuss apalagi ebook premiumnya.

Blog writepreneur sebenarnya bukan blog yang fantastis atau luar biasa. Menurut saya blog ini sederhana banget, tapi blog ini sangat spesifik karena membahas topik khusus hanya seputar optimasi toko online. Kalau liat blog maxmanroe dan PanduanIM yang saling kejar-kejaran di keyword-keyword Besar, maka blog writepreneur tidaklah masuk dalam peta persaingan, karena menemukan blog ini di google pun lumayan sulit.

Berkaca dari pengalaman diatas, maka saya simpulkan bahwa untuk menjadi penjual ebook yang sukses di internet tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat utamanya adalah tipe blog anda Harus Blog Niche, bukan blog gado-gado yang membahas semuanya.

Alasannya tentu karena anda lebih senang mendapatkan informasi dari blog yang khusus membahas satu topik tertentu dengan Detail dan Tajam. Dibandingkan informasi dari blog gado-gado yang isinya membahas semua hal, tapi dikupas hanya kulitnya saja.

Ketika pengunjung sudah engaged dengan anda, maka Anda bisa menjual apapun. Insyaalloh.

8. Kursus Online

Menjual kursus online hampir sama dengan jualan ebook. Bedanya kursus online biasanya dibuat dengan format membership site. Dimana pembeli akan dikenakan biaya regulary, bisa bulanan, semesteran atau tahunan, tergantung jenis kursus dan model bisnisnya.

Ada banyak ide untuk membuka kursus online, tentunya disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Contohnya ada kursus online yang membahas secara khusus strategi manajemen seperti yang saat ini dikelola oleh Mas Yodhia di Edubisnis dot Net. Contoh kursus lainnya antara lain :

– Kursus Online Pemograman Visual Basic
– Kursus Online Pemograman Code Igniter
– Kursus Online Pemograman PHP MySQL
– Kursus Online Pemograman Java
– Kursus Online Web Desain
– Kursus Online Editing Video
– Kursus Online Photoshop
– Kursus Online Desain Grafis
– Kursus Online Autocad
– Kursus Online Bahasa Inggris
– Kursus Online Bahasa Jepang
– Kursus Online Bahasa Arab
– Kursus Online Bahasa China
– Kursus Online Public Speaking
– Kursus Online Memasak
– Kursus Online Make Up
– Kursus Online Servis HP
– Kursus Online Servis Laptop
– Kursus Online SEO
– Kursus Online FB Ads
– Kursus Online Robotik
– Kursus Online Public Relation
– Kursus Online Pemograman Android
– Kursus Online Rias Pengantin
– Kursus Online Matematika
– Kursus Online Menulis
– Kursus Online Mikrotik / Jaringan
– Kursus Online Linux
– Kursus Online Panduan Ngeblog
– Kursus Online Bisnis Online
– Kursus Online Membuat Online Shop
– Kursus Online Google Adsense
– Kursus Online Paket Lulus Ujian Nasional
– Kursus Online Paket Lulus SBMPTN

Dan masih banyak lagi contoh kursus online yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Bahkan untuk satu keahlian saja bisa memiliki beberapa cabang keahlian lainnya. Contohnya Kursus Online Belajar Bahasa Inggris bisa di spesifikan lagi menjadi Kursus Online Toefl, Kursus Online Ielts, Kursus Online English Speaking, Kursus Online English Conversation dan Kursus Online English Writing/ Listening.

Materi yang disajikan dalam kursus online biasanya berupa video tutorial. Jadi Anda juga harus mampu mengemas keahlian anda dalam bentuk video.

Syarat utama untuk suskes berbisnis kursus online di blog adalah Anda harus rajin memposting tulisan-tulisan yang cetar membahana di blog anda. Karena dengan begitu pembaca akan tahu bahwa the man behind the blog adalah orang yang memiliki kompetensi tingkat tinggi di bidang tersebut.

Untuk memulai kursus online tidak perlu banyak trafik, karena mereka yang memutuskan untuk join biasanya adalah return visitor yang sudah berkali-kali berkunjung ke blog anda dan sudah mendapatkan banyak manfaat dari blog anda. Oleh karena itu, tebar manfaat yang sebanyak-banyaknya di blog anda lewat postingan-postingan yang ciamik.

9. MLM Online

Satu lagi cara untuk menghasilkan 7 juta per bulan dari blog yaitu dengan menjalankan MLM Online. Dengan adanya internet dan blog, kegiatan berjejaring (sponsoring dan follow up) bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka seperti MLM konvensional pada umumnya.

Untuk mendapatkan 7 juta rupiah per bulan secara rutin dari blog dengan menjalankan MLM online, tentunya anda tidak boleh salah dalam memilih perusahaan MLM nya. Ada banyak perusahaan MLM saat ini, PASTIKAN anda memilih perusahaan MLM yang mempunyai Produk yang Bagus.

Karena sesungguhnya Produk yang baik adalah Real Marketing Tools. Terutama di bisnis MLM yang membutuhkan Repeat Buying yang Tinggi. Untuk menghasilkan income secara rutin, bahkan passive income, anda membutuhkan jaringan distribusi yang terus menerus belanja produk di perusahaan MLM nya.

Bedakan antara Real MLM (MLM Beneran) dengan MLM Padahal Money Game. Kalau Real MLM itu anda mendapat bonus kalau jaringan distribusi yang anda buat belanja secara rutin di Perusahaan MLM nya. Nah, kalo MLM Padahal Money Game itu anda mendapat bonus dari uang pendaftaran member baru.

Kalo Money Game mah engga bisa ngasih passive income. MLM beneran juga engga bisa ngasih passive income kalo produk yang dijual engga repeatable. Oleh karena itu, PENTING bagi anda memilih perusahaan MLM yang memiliki Produk yang Bagus dan Repeatable.

Repeatable itu maksudnya apa sih ?

Repeatable itu artinya sesuatu yang berulang-ulang. Produk-produk yang termasuk repeatable itu adalah kebutuhan sehari-hari seperti Sabun mandi, pasta gigi, shampoo, kosmetik, vitamin harian, deterjen pakaian, kebutuhan dapur, dan masih banyak lagi. Pokoknya kebutuhan-kebutuhan yang kalau habis harus beli lagi.

Produk yang Non-Repeatable itu diantaranya emas, berlian, alat olah raga, lemari, kasur dan masih banyak lagi. Pokoknya produk-produk yang tidak bisa habis atau lama sekali baru diganti dengan yang baru. Jadi kalo ada perusahaan MLM yang produknya adalah emas, alat fitnes atau kasur maka saran saya urungkan niat anda. Karena orang tidak akan membeli kasur dan alat fitnes setiap bulan.

(untuk produk seperti kasur dan alat fitnes lebih baik gunakan model bisnis afiliasi, keagenan atau reseller untuk hasil yg lebih mantap)

Berarti sekarang anda sudah tau, untuk bisa menghasilkan passive income dari blog 7 juta rupiah per bulan anda harus memilih perusahaan MLM yang benar. Misalnya Pilihlah Perusahaan MLM yang menjual Deterjen Pakaian yang bagus, yang bisa membuat pakaian yang dicuci warnanya menjadi tidak pudar bahkan lebih cerah.

Atau pilihlah Perusahaan MLM yang menjual Sabun Mandi yang Bagus, yang bisa menghaluskan kulit anda, membuat anda tampak lebih bercahaya bahkan sejak pemakaian pertama. Serta jika digunakan oleh orang yang punya penyakit kulit seperti panu dan kurap, bisa mengobati penyakit tersebut.

Nah, kalau dua elemen tadi sudah terpenuhi, yaitu Produk Bagus dan Repeatable. Maka anda sudah berada di perusahaan MLM yang tepat. Tinggal bagaimana caranya anda memasarkan jaringan MLM anda di blog anda.

Kegiatan MLM itu sebenarnya hanya ada 3 (tiga). Pertama, menggunakan produk untuk diri sendiri (self affirmation product). Kedua, menjual produk kepada orang lain (selling). Ketiga, membuat jaringan distribusi atau downlining (mencari downline).

Nah, menghasilkan uang dari blog dengan menjalankan MLM Online itu sebenarnya hanya perlu menceritakan kegiatan-kegiatan sehari-hari kita dalam berinteraksi dengan produk MLM tersebut. Misalnya anda bergabung dengan perusahaan MLM yang menjual Sabun Mandi. Maka, di blog nanti anda ceritakan bagaimana hasilnya setelah menggunakan sabun mandi tersebut selama satu minggu.

Katakanlah anda puas dengan sabun tersebut, lalu anda juga menyarankan pembaca blog anda untuk ikut mencoba sabun tersebut. Disni anda sudah melakukan tiga hal basic di MLM, yaitu anda sudah menggunakannya sendiri, anda juga sudah mengajak orang lain untuk membeli Sabun anda, yang nantinya akan terjadi selling atau downlining. Kalau prospek hanya tertarik produknya maka jadinya selling, tapi klo prospek ingin diskon dan juga ingin menjalankan bisnisnya maka ini disebut downlining.

Pokoknya ceritain aja semuanya yang anda lakukan ketika melakukan kegiatan MLM, misalnya ketika terjadi hal-hal yang lucu saat anda presentasi di rumah teman anda, atau saat anda secara berturut-turut ditolak oleh 5 orang hari ini. Pokoknya ceritain semuanya di blog. Dengan begitu pembaca akan yakin bahwa anda adalah orang yang punya dedikasi di MLM tersebut dan memutuskan untuk join bersama anda.

10. Jual Produk / Jasa Offline Anda

Produk atau Jasa Offline yang Anda miliki saat ini juga bisa dipasarkan melalui media blog. Misalnya anda mempunyai sebuah cafe di tempat tinggal anda. Maka anda bisa menceritakan segala hal mengenai cafe anda di blog anda.

Untuk jenis usaha cafe anda bisa memposting menu apa saja yang spesial di cafe anda, menuliskan komentar-komentar positif para pelanggan yang puas dengan service cafe anda. Anda juga bisa memposting di blog anda foto-foto event nonton bareng liga inggris di cafe anda.

Ceritakan juga keunggulan-keunggulan yang dimiliki cafe anda. Dan pertajam keunggulan-keunggulan tersebut lewat postingan-postingan di blog anda. Misalnya keunggulan cafe anda adalah memiliki akses wifi gratis unlimited.

Kita tahu bahwa saat ini hampir semua cafe memiliki akses wifi gratis unlimited, hampir semua cafe memilikinya. Oleh karena itu kita harus mempertajam keunggulan-keunggulan tersebut lewat postingan di blog. Caranya yaitu dengan menceritakan di blog anda bagaimana mahasiswa yang sedang deadline tugas akhirnya terselamatkan dari ancaman tidak lulus mata kuliah tersebut karena berhasil upload tugasnya dengan wifi super kenceng yang ada di cafe anda.

Silahkan anda eksplore keunggulan-keunggulan apa saja yang ada di cafe anda, dan pertajam keunggulan-keunggulan tersebut dengan cerita-cerita mengesankan di blog anda. Tentunya dengan observasi kepada pelanggan terlebih dahulu. Maksudnya observasi disini adalah anda sering-seringlah mengobrol dengan pelanggan cafe anda, agar anda tahu cerita apa yang nantinya harus anda tulis di blog.

 * * *

Itulah 10 (sepuluh) cara yang bisa saya paparkan agar anda bisa menghasilkan uang dari blog minimal 7 juta rupiah secara konsisten setiap bulan. Ada cara yang membutuhkan trafik yang massive (nomor 1 – 5), ada juga cara yang hanya membutuhkan traffic yang sedikit (nomor 6 – 10).

Kesepuluh cara diatas, kalau dikerjakan dengan konsisten sepenuh hati, semuanya masing-masing bisa menghasilkan 7 juta rupiah per bulan dari blog, bahkan lebih. Saran saya, jangan gampang menyerah dan yang terpenting keep blogging, keep writing everyday.

Speak Your Mind

*