Dibuang Sayang Blog 330.000 Views Organik

Pernah ga sih kamu punya domain udah mau expired, pas mau diperpanjang lumayan biaya nya, tapi klo engga takutnya entar nyesel, “duhh kenapa dulu kagak gue renewal domainnya”. Tau-tau setelah domainnya berganti pemilik, ehhh blognya jadi bagus banget, kan nyesek.

Sama halnya ketika kamu liat mantan kamu, yang udah kamu sia-siakan, trus sekarang jadi ganteng/cantik parahh, dan udah jadian sama orang lain.  😥

Nah, kondisi ini juga yang gue rasakan kemarin.

Jadi gue tuh punya domain yang sebetulnya udah expired sejak empat hari yang lalu, kalo dilihat dari WHOIS nya sih expirednya tanggal 8 bulan 8. Atau kalau disingkat jadi kayak gini 0808. #Mantep. #KagakPenting.

Nah, tepatnya kemarin domain tsb berhasil gue renewal untuk satu tahun kedepan. Jadi kalau dihitung dari hari pertama registrasi tanggal 8 bulan agustus, tahun 2014. Berarti kemaren itu milad domain gue yang ketiga.

Dulu gue registrasi domainnya langsung dua tahun. #Sipp #Mantep. Tahun pertama domain tsb untuk custom domain blogspot gue. Trus tahun berikutnya gue beli hosting di digitalocean. Karena blogspotnya udah hampir setaun engga keurus, jadi domainnya gue pake aja. Akhirnya hingga hari ini domain tersebut udah ga pernah pindah-pindah lagi dari DO.

Gue udah installin wordpress sejak hari pertama domainnya pindah ke DO. dan sejak hari itu juga gue tetep males untuk urus blog ini. Kalau saya hitung, udah hampir dua tahun blog wp tersebut hadir di ranah internet. Total sejauh ini sudah ada 7 (Tujuh) postingan. Luar biasa rajin kan.

Postingan terakhirnya dibuat sekitar 8 bulanan yang lalu, tepatnya di bulan November 2016. Blogger macam apa gue ini, udah dua tahun ngeblog postingan baru tujuh buah. Dan tahun ini tak satupun postingan bertambah.

YOGs.

Sangat mudah bagi gue untuk tidak memperpanjang domain ini, karena sesungguhnya gue sendiri engga punya ide sama sekali domain ini kedepannya akan diisi postingan apa, menurut gue untuk buat satu postingan di blog tersebut spending time too much. kurang lebih butuh 3 jam per satu post.

Walaupun domain ini udah punya TOTAL Views lebih dari 330K, dan udah punya earning sekitar $6, tapi menurut gue masih terlalu kecil. Ga sebanding dengan pengorbanan ketika bikin postingan-postingannya.

Kamu bisa lihat, rata-rata views per harinya adalah 1K, dengan postingan yang hanya berjumlah 7 (tujuh) buah. Ga usah merasa heran kenapa hanya dengan tujuh postingan bisa dapet 1000 views per hari, itu karena semua postingannya, tujuh-tujuhnya, semuanya ada di halaman satu google. Bahkan beberapa diantaranya ranking 1. Hahaha… #Sombong.

By the way, itu semuanya organik views ya. Hehe… #SombongLagi.

Ini terjadi udah hampir satu tahunan, maksudnya trafik 1 K per hari ini udah gue dirasakan sejak satu tahun yang lalu hingga hari ini. Tapi gue bingung mau diapain nih trafik. Gua juga sebenernya ga tau kapan mulainya nih 1K, soalnya gue hampir tidak melakukan apapun setelah gue posting. Boro-boro backlink, di Ping aja kagak.

Dulu pernah daftar adsense, dengan trafik yang udah 1 K, gue tentu saja sangat percaya diri di approve, tapi rupanya google berkata lain, blog gue belum qualified. Katanya less konten. Bodo amat, engga gue tambahin.

Udah aja gitu terus hingga bulan delapan trafik 1K, akhirnya gue kepikiran untuk pasang CPM (Cost Per Minnion, eh Million). Hasilnya ??

Bisa dilihat dibawah :

Total penghasilan gue dari Poptm selama tiga bulan terakhir adalah 6 dolar. Tapi engga full tiga bulan juga sih, karena bulan kemaren sempet gue copot kodenya hampir sebulanan.

Dengan trafik 1K dan earning 6 dolar, rupanya belum bisa menyakinkan gue untuk mantap memperpanjang domain tersebut. Gue masih ragu. Menurut gue ini ga worth it. Tapi untuk melepaskan domain 330K Views ini juga berat banget. Takut entar nyesel. Huffftt . . .

Hingga akhirnya tibalah hari selasa, tanggal 08, bulan 08, tahun 2017. Dimana tanggal tsb adalah tanggal expired domain gue.

Kondisi gue saat itu, saldo paypal cuma ada $2 (dua dolar), duit di rekening bank juga rasanya engga bisa banyak di cengin, karena untuk persiapan lahiran anak pertama gue. Sedangkan tagihan domain udah dua kali datang ke email,. Gue cuma bisa duduk di pojokan kamar, sambil membenamkan kepala diantara kaki yang udah gue lingkari dengan dua tangan gue.

Oke yang tadi lebay. Gue udah memutuskan bahwa FIX, gue akan memperpanjang domainnya. Setidaknya gue harus nungguin hingga saldo Poptm mencapai minimum Payout, $10. Baru akhirnya gue memikirkan langkah selanjutnya untuk blog tsb.

Total tagihan gue saat itu adalah $15. Kalo beli dana paypal di ads.id banyaknya minimal order $50 atau $100. Seperti yang udah gue bilang tadi, saldo tabungan bank gue tidak memungkinkan untuk beli dana paypal sebanyak itu. Gue berusaha untuk beli paypal eceran, jadi bisa beli pas $15.

Godaddy emang sialan banget, gue nyari-nyari coupon code, diskon, promo code atau apalah tapi kagak ketemu. Fak lah buat godaddy. Akhirnya gue harus rela bayar pake harga normal $15,xx untuk renewal satu domain.

Setelah dua jam lebih bolak balik facebook, ads.id , google, whatsapp, facebook, ads.id , google, whatsapp, facebook, ads.id , google, whatsapp, gituuu aja terus sampe lebaran monyet. Akhirnya bertemulah gue dengan seller paypal yang baik hati tidak sombong, bisa beli eceran, rate murah 13.250. #Mantap

Langsung gue login godaddy-nyet dan perpanjang domainnya.

Dan ceritanya pun berakhir dengan bahagia. Semua orang di kampung tsb hidup sejahtera, rumah-rumah mereka penuh dengan gelak tawa dan tangisan wajar anak-anak dan cucu-cucu mereka. ::beer::  😎