Template (Format) Postingan Review Blogger Sahabat

Seperti yang sudah diceritakan di postingan sebelumnya, bahwa saya berencana membuat sebuah kategori khusus di blog ini yang membahas tentang blogger-blogger lain yang inspiratif.

Nah, untuk mempermudah saya membuat review tersebut, maka saya juga membuat FORMAT KHUSUS atau TEMPLATE KHUSUS. Fungsinya tidak lain adalah agar tulisan-tulisan yang anda di kategori blogger sahabat menjadi lebih seragam dan lebih rapih.

Format/template ini BISA JUGA Anda gunakan untuk membuat postingan review balasan ke blog kelashemat.

Kan ada tuh blogger yang bingung ketika harus membuat postingan review. Apa yang perlu ditulis dan apa yang ga boleh ditulis. Nah tulisan ini dibuat untuk membantu Saya dan juga blogger sahabat lainnya ketika mau membuat postingan review.

Bahkan nantinya format atau template yang saya paparkan ini, bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat postingan review-review lainnya seperti review produk, review layanan/jasa dan review hotel / travel.

Baiklah mari kita dedahkan satu per satu :

Introduction / Perkenalan (100-200 kata)

Introduction berisi gambaran umum tentang blog sahabat. [1] Bagian ini juga bisa diisi dengan cerita gimana awalnya anda menemukan blog sahabat. [2] Atau anda juga bisa menceritakan alasan mengapa anda akhirnya memutuskan untuk membuat ulasan blog sahabat tertentu.

Untuk introduction ga usah panjang-panjang, cukup 100++ kata. Oia, dibagian ini juga anda bisa menyelipkan satu URL blog sahabat.

Kelebihan (200-300 kata)

Kelebihan atau Advantage ini sebenarnya poin Utama dari sebuah postingan review blog sahabat. Jadi yang perlu kita tonjolkan di review kita tentang blog sahabat adalah kelebihan-kelebihan blog mereka.

Banyak sudut pandang ketika kita mau membahas kelebihan-kelebihan dari sebuah blog. [1] Bisa membuat ulasan tentang desain blognya yang pake theme simpel minimalis tapi elegan [2] Bisa membuat ulasan tentang salahsatu postingannya yang bener-bener membuat anda kepincut [3] Bisa membuat ulasan tentang artikel-artikelnya yang menurut kamu sangat renyah [4] Bisa membuat ulasan karena gaya bahasa dan telling stori yang digunakan si empunya enak dibaca dan ga ngebosenin [5] Bisa juga anda membuat ulasan tentang the man behind the blog nya.

Pokoknya gali terus kelebihan-kelebihan apa yang bisa anda tonjolkan nanti dari blog sahabat tersebut.

Banyaknya kata untuk bagian ini berkisar antara 200-300 kata, mungkin ini bagian yang paling panjang. Dan untuk bagian ini anda bisa menyelipkan 1-2 link ke postingan-postingan blog sahabat.

Kekurangan (50-100 kata)

Agar seimbang, tulis juga kekurangan-kekurangan dari blog sahabat tersebut. Untuk yang ini jangan panjang-panjang apalagi banyak-banyak, cukup satu atau paling banyak dua kekurangan yang ditulis nantinya.

Misalnya, anda menulis tentang iklan pop up yang terlalu banyak tampil di blognya, atau mengomentari blognya yang jarang di update. Dan nanti ketika menulis kekurangan-kekurangan tersebut gunakan juga kalimat-kalimat candaan atau yang sifatnya menetralisir.

Harapan, Saran atau Call to Action (100 kata)

Bagian ini bisa diisi untuk melengkapi bagian sebelumnya (bagian kekurangan). Misalnya blognya jarang update, maka anda bisa menulis harapannya semoga kedepan blog tsb lebih sering di update, karena isi blognya yang inspiratif tapi dikemas dengan gaya tulisan yang jenaka.

Atau jika kekurangan blog tersebut adalah form komentarnya ditutup atau pake disqus, maka anda bisa memberikan saran dan mengutarakan harapan anda agar blognya berubah menjadi blog yang commentable.

Yang Ga Boleh Ditulis

Menulis postingan review blog ternyata ada pantangannya juga. Artinya ga sebebas yang anda pikir. Karena tujuan anda menulis review blog adalah untuk menjalin pertemanan sesama blogger, jadi anda tidak boleh menjamah hal-hal yang bersifat pribadi dari blogger tersebut, aturannya adalah:

Jangan membahas curhatan di blog sahabat

Iya Jangan. Ada blogger yang menjadikan blognya sebagai media curhat. Emang ga semua isinya curhat, tapi terkadang sesekali si blogger menulis tentang curahan hati yang sudah tidak bisa dipendam sendirian lalu ditumpahkannya lewat tulisan di blog.

Nah, ketika kita menulis review seputar blognya, maka jangan sampe kita keceplosan untuk membahas atau mengomentari curhatan tersebut di tulisan kita.

Jangan Publikasi Sosial Media Blog Sahabat

Iya Jangan. Terutama Jangan mempublikasikan data profil si empunya kalau si empunya tidak mencantumkannya di blog. Misalnya anda mendapatkan alamat facebook atau emali nya di google, padahal si empunya blog tidak mempublishnya di blog. DILARANG.

 * * *

Akhir kata semoga nanti tulisan-tulisan review saya yang membahas blog-blog sahabat bisa menjadi perekat persahabatan antara saya dengan teman-teman blogger lainnya.

Speak Your Mind

*