Rubrik Terbaru KelasHemat.com : Blogger Sahabat

Rencananya kedepan blog ini akan diisi oleh ulasan-ulasan ringan teman-teman sesama blogger. Tidak akan dikupas setajam silet juga sih, hanya akan mengomentari blog itu secara keseluruhan dan juga jika ada artikel yang bener-bener ‘memberi kesan yang dalam’ maka artikel tersebut akan saya komentari di postingan ulasan nanti.

Baca Juga : 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Yang akan direview inshaalloh semua tipe blogger. Mulai dari blogger diary sehari-hari, Blogger review, Blogger adsense, hingga blogger traveller. Blogger yang direview juga bukan hanya blog yang pake bahasa Indo, tapi juga blog yang tulisannya pake inggris. Bahkan artis youtube, IG dan FB juga bisa saya buatkan ulasannya di rubrik ini.

Syarat utama agar blognya / profil nya bisa di ulas di blog ini adalah saya suka dengan karya-karya nya. Entah itu tulisannya yang inspiring, gaya bahasanya yang jenaka, theme blognya yang simple minimalis, atau dengan video2nya yang lucu. Bahkan jika ada yang mau bayar saya agar blognya direview di blog ini, tapi setelah saya cek saya engga ‘sreg’ sama apa yang ditampilkan di blog/profile sosmed nya, maka saya tolak.

Tentu ada alasan kenapa akhirnya saya bikin Rubrik Blogger Sahabat, salah satunya adalah biar ga kehabisan ide menulis. Soalnya sering banget bingung mau nulis apa, sedangkan blog butuh update, setidaknya dua minggu sekali mesti ada artikel baru yang publish.

Untuk alasan lainnya kenapa saya buat kategori Blogger Sahabat, mari kita jabarkan satu per satu :

1. Pertemanan Sesama Blogger

Blogger itu sebuah profesi atau pekerjaan. Jadi tetep aja pelakunya adalah Manusia. Kita kan tau kalo manusia itu makhluk sosial. Nah, berarti blogger juga makhluk sosial yang butuh interaksi antar sesama blogger.

Blogger gaulnya sama blogger lagi, bolehlah sama vlogger atau yang instagramer atau youtuber, tapi prioritas bergaulnya sama blogger.

Klo misalnya ente temenan sama youtuber nih, dia ngomen di salahsatu artikel blog ente, trus ente ngomen di salahsatu video mereka. Dia sih enak bisa naruh link di komentar ente, lahh ente linknya cuma ke bio profile aja.

Makanya blogger itu paling cocok kalo bertemen sama blogger lagi. Tapi terbuka juga buat bertemen sama selain blogger.

Oia, klo temenan sesama blogger juga interaksinya berbeda dengan temenan di kehidupan sehari-hari. Klo biasanya ente ngobrol tatap-tatapan muka, nah blogger juga saling tatap. Ente menatap monitor. Trus temen ente yg sesama blogger juga natap monitor. Haha.. ya engga lah.

Klo temenan versi blogger itu simpel, ente saling berkunjung ke blogger sahabat lainnya sambil meninggalkan jejak komentar. Trus komennya juga yang sopan, jangan nyimpen URL di isi komentar.

Cara temenan lainnya buat blogger itu saling memberikan ulasan atau tanggapan antar blogger. Yang diomongin bisa menjawab postingan dengan postingan, atau postingan yang khusus menceritakan blog sahabat secara keseluruhan. Bisa juga bikin postingan yang ngomentarin kepribadiannya si empunya blog. Nah biasanya ini terjadi klo sesama blogger udah kopi daratan atau bahasa anak muda sekarang mah meet up.

Yang terakhir temenan versi blogger adalah ketemuan atau kopi darat, atau meet up. Nah, udah saling ngasih komentar, udah berbalas postingan, ga lengkap klo engga ketemu di offline. Sipp.

Buat saya pribadi terbuka untuk semua channel pertemanan antar sesama blogger, klo ada yang komentar di blog ini, inshaAlloh saya akan memberikan kunjungan balik. Klo ada yang nulis review tentang blog ini atau tentang saya, inshaAlloh juga akan saya buatkan ulasan balik. Daaann, klo ada blogger yang ngajakin meet up makan bala-bala sama risoles di waroeng kopi, saya juga siap 😀

2. Sebagai Pendukung Artikel Utama

Seperti yang diajarkan oleh Mas Yaro Starak, pemilik Blog Entrepreneurs-journey.com bahwa blog itu harus punya minimal dua tipe artikel. Yaitu PERTAMA adalah artikel pillar /artikel utama, dan KEDUA adalah artikel pendukung.

Artikel pendukung ini nantinya akan ngelink ke artikel utama. Ngasih link juga bukan artikel yang gado-gado, tapi memang topiknya ada hubungannya dengan artikel utama.

Memang rata-rata nanti yang dipublish di rubrik ini adalah blog-blog yang membahas make money online, biar related juga nanti topiknya dengan artikel utama. Kalaupun nanti ada blog yang Non-make money online pokoknya artikelnya gimana caranya diulas dari sisi pemasaran online nya.

Trus lagi kalo misalnya saya butuh quotes/kutipan yang ngelink ke blogger tertentu di artikel utama, saya jadi tidak perlu ngasih outbound link di artikel utama, cukup artikel utama nanti nglinknya ke artikel blogger sahabat.

Dari segi SEO strategi membuat rubrik Blogger Sahabat ini sangat bagus, karena meminimalisir outbound link dan memperkuat internal link pada artikel utama.

3. Biar Dapet Backlink

Saya ga mau munafik. Rubrik Blogger Sahabat juga saya gunakan untuk mendapatkan backlink dari blogger sahabat yang saya review di blog ini. Maksudnya nanti akan seperti tukeran link atau tukeran review.

Ide nya mudah, [1] saya menulis review blog mereka, lalu [2] saya memberitahu mereka lewat email atau komentar di blognya kalau saya sudah menulis ulasan ringan tentang blog mereka, lalu [3] saya minta mereka untuk memberikan link juga ke blog saya, minimal nge-link ke artikel yang ada ulasan tentang blog mereka nya.

Untuk satu kali review saya bisa menulis sebanyak 500 kata, dengan tulisan yang unik dan bahasa yang renyah. Selain itu saya bisa memberikan tautan ke blogger sahabat sebanyak 2-3 link dalam satu artikel.

Bagi Blogger sahabat yang ingin membalas review saya, tidak perlu mencantumkan 2-3 link, cukup 1 link saja. Itu juga udah lebih dari cukup buat saya mah. Makasihh banget sebelumnya buat yang ngasih review balasan.  😀

 * * *

That’s all, itulah alasan-alasan kenapa akhirnya saya membuatkan kategori baru di blog ini. Semoga dengan adanya rubrik baru ini saya bisa lebih rajin lagi untuk nulis di blog, temen sesama blogger saya juga jadi banyak, dan yang paling penting semoga kegiatan ngeblog saya lebih barokah.

Speak Your Mind

*